Sabtu, 28 Juli 2012

TRADISI LOMPAT BATU

,

Ada batu dan ada satu orang yang melompati batu itu, ngapain ya orang itu? terus maksudnya apa?, jadi bertanya-tanya sendiri . sampe akhirnya gw temuin lagi di kalender rumah, satu orang laki-laki seperti menggunakan baju khasnya melompati batu tersebut dan disitu tertulis lompat batu. Langsung deh gw searching karena penasaran, akhirnya pertanyaan-pertanyaan gw terjawab juga.

Ternyata itu TRADISI LOMPAT BATU atau Fahombo,biasa dilakukan oleh seorang pria bukan wanita dengan mengenakan pakaian adat meloncati susunan batu setinggi 2 meter dengan ketebalan 40 cm.
oooohhhhhh... 
Berasal dari : kabupaten NIAS,terletak di pulau nias, SUMATERA UTARA
Tradisi lompat batu ini sudah ada saat jaman dahulu saat para leluhur berlatih perang,untuk melatih fisik para pemuda di pulau nias saat terjadinya perang antar suku dalam menembus benteng lawan. Tetapi untuk saat ini di jaman sekarang tradisi lompat batu berubah fungsi menjadi sebuah ritual atau budaya masyarakat nias, sebagai salah satu persyaratan untuk menikah. Sebagai tanda bahwa seorang pemuda yang telah dewasa, kuat dan pemberani .

Hebat, bisa dibilang sebuah pengorbanan, hehee karena gak mudah untuk melompati batu dengan ketinggian 2m. Waw tradisi ini harus di lestarikan dan dilindungi.ini lah bangsa INDONESIA bermacam-macam budaya,Bangga sebagai masyarakat indonesia. J

sumber :

0 komentar to “TRADISI LOMPAT BATU”

Posting Komentar

 

PEMULA BERKARYA Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger