Sabtu, 30 November 2013

Water Modeling Dengan Blender

,



pada kesempatan kali saya akan membuat tutorial dengan menggunakan software blender,bagi yang baru menggunakan blender sebaiknya anda mengetahui shortcut-shortcutnya terlebih dahulu untuk mempermudah dalam mengerjakan. ini pertama kalinya saya menggunakan software ini, kesan pertama dalam pembuatan cukup dibilang rumit, shortcut yang baru saya ketahui yaitu r berarti rotate, s berarti merubah ukuran jika kita ingin merubah ukuran sesuai sumbu gunakan s+z, s+y, atau s+x, g berarti memindahkan objek, dan lain sebagainya.

langkah pertama jalankan software Blender pada komputer anda, tampilan awal akan terlihat gambar cube atau kubus, pada tutorial ini saya akan menggunkan cylinder.  Hilangkan gambar cube dengan menekan x yang berarti delete, lalu masukan objek cylinder.

 
Bentuk cylinder seperti bentuk dibawah ini dengan menggunakan shortcut s-z artinya merubah posisi pada sumbu z. cylinder pertama.

 
Besarkan ukuran objek dengan menekan s lalu tarik kursor, akan terlihat seperti gambar dibawah ini
 
Tambahkan kembali objek yang sama simpan didalam cylinder pertama.


Tampilan cylinder kedua terlihat seperti gambar dibawah, tarik garis pada panah maka objek akan berpindah posisi keatas.cylinder kedua ini berada didalam cylinder pertama.


Pada cylinder kedua besarkan ukuran tetapi tidak melebihi cylinder pertama. Perintah membesarkan objek dengan menekan s tarik kursor.


tampilan cylinder kedua diperbesar.


Pada objek cylinder bagian dalam atau cylinder bagian dua gunakan perintah seperti dibawah, pada perintah dibawah cylinder kedua digunakan sebagi fluid.


Pada cylinder pertama atau objek bagian luar buat perintah fluid dengan domain.


Tunggu hingga proses fluid selesai, terlihat pada lingkaran merah, seperti gambar dibawah.


Tampilan saat fluid dijalankan




Untuk melihat sisi pada saat di render gunakan camera dan lamp, terlihat pada bentuk yang berwarna hitam, fungsi camera untuk menyorot sisi yang ingin kita lihat dan fungsi lamp untuk memberi cahaya agar saat dilihat tampak terang dan sisinya terlihat.


Tampilan dibawah saat posisi dirender.


Untuk cylinder yang tidak dijadikan fluid atau cylinder pertama akan dibuat transparan. saat proses render nantinya cylinder ini tidak terlihat. 


Tampilan dibawah merupakan proses render dimana cylinder dibuat transparan.


Sekarang saatnya merubah warna pada tumpahan air yang kita buat sesuai dengan warna air.





perintah pada transparancy masih pada perintah sebelumnya.


Membuat baground dengan gradasi biru putih




Tarik panah biru keatas hingga tampilan seperti dibawah, posisi cylinder naik keatas sesuai sumbunya.


Proses rendering, untuk proses ini cukup lama, sebaiknya menunggu hingga proses selesai.


Tampilan video yang telah dirender :

 

sekian tutorial dari saya, kurang lebihnya mohon maaf. semoga bermanfaat :)








0 komentar to “Water Modeling Dengan Blender”

Posting Komentar

 

PEMULA BERKARYA Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger