Sabtu, 09 November 2013

Water Modelling For Computer Graphic

,


Water modelling merupakan model air pada desain grafis. Model fisik untuk menghidupkan air. Model air ini cukup dibilang sulit dalam pembuatannya, karena saat pembuatan model air banyak gangguan-gangguan yang dapat merubah kecepatan air,gerak air,dan gelombang air.gangguan yang terjadi: tetesan hujan,benda-benda yang jatuh kedalam air,makhluk atau binatang yang hidup didalam air,dan lain sebagainya. Pada tetesan hujan 
hal yang dipertimbangkan, aksi dari tetesan hujan tersebut. Hal ini dipengaruhi oleh kekuatan gravitasi G,gesekan udara f,dan angin bertiup F. Jadi pergerakan tetesan dapat digambarkan sebagai
F + G + f = ma v = v0 + a ~ t p = p0 + v ~ t
dimana t adalah lamanya waktu langkah , v , p adalah kecepatan arus dan posisi masing-masing, v0 , p0 adalah kecepatan dan posisi masing-masing pada saat langkah sebelumnya . Massa m ditentukan oleh ukuran tetesan dan gesekan f ditentukan oleh kecepatan . tetesan air mempengaruhi permukaan air sehingga mengganggu area melingkar air.

Dalam metode menghidupkan air dapat diklasifikasikan ke dalam beberapa kategori, diantaranya berdasarkan pada sintesis gelombang, sifat gelombang dan mencoba menggunakan fungsi matematika seperti sin, cos, untuk mensimulasikan bentuk air.  Permukaan y = f(x,z,t), dimana f(x,z,t) = pni =0 Ai.sin (win + CI),sebagai permukaan air dan mengubah parameter Ai,wi,CI gerakan air model,untuk menyesuaikan parameter fenomena gelombang. Metode kedua berdasarkan model fisik,menggambarkan aliran air, animasi air dihasilkan dengan rendering persamaan setiap langkah waktu. Pendekatan ketiga berdasarkan pada sistem partikel,dimana saat interaksi cahaya dengan air dapat menghasilkan kualitas gambar yang baik. Pada gelombang terdapat dua konsep yang  jelas gelombang air dan cairan air. cairan air yaitu tubuh air yg mengalir dan memiliki kecepatan saat mengalir. Gelombang air yaitu mengambil cairan air sebagai pembawa, disaat terjadi tetesan air hujan atau jatuhnya benda kedalam air maka efek air akan melebar sesuai ukuran benda yang jatuh. gelombang memiliki kecepatan yang berbeda dari kecepatan yang aliran air.

Implementasi Algoritma

0 komentar to “Water Modelling For Computer Graphic”

Posting Komentar

 

PEMULA BERKARYA Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger