Water modelling merupakan
model air pada desain grafis. Model fisik untuk menghidupkan air. Model air ini
cukup dibilang sulit dalam pembuatannya, karena saat pembuatan model air banyak
gangguan-gangguan yang dapat merubah kecepatan air,gerak air,dan gelombang air.gangguan
yang terjadi: tetesan hujan,benda-benda yang jatuh kedalam air,makhluk atau
binatang yang hidup didalam air,dan lain sebagainya. Pada tetesan hujan
hal yang dipertimbangkan, aksi dari tetesan
hujan tersebut. Hal ini dipengaruhi oleh kekuatan gravitasi G,gesekan udara
f,dan angin bertiup F. Jadi pergerakan tetesan dapat digambarkan sebagaiF + G + f = ma v = v0 + a ~ t p = p0 + v ~ t
dimana t adalah lamanya waktu langkah , v , p adalah kecepatan arus dan posisi masing-masing, v0 , p0 adalah kecepatan dan posisi masing-masing pada saat langkah sebelumnya . Massa m ditentukan oleh ukuran tetesan dan gesekan f ditentukan oleh kecepatan . tetesan air mempengaruhi permukaan air sehingga mengganggu area melingkar air.
Dalam metode
menghidupkan air dapat diklasifikasikan ke dalam beberapa kategori, diantaranya
berdasarkan pada sintesis gelombang, sifat gelombang dan mencoba menggunakan
fungsi matematika seperti sin, cos, untuk mensimulasikan bentuk air. Permukaan y = f(x,z,t), dimana f(x,z,t) = pni
=0 Ai.sin (win + CI),sebagai permukaan air dan mengubah parameter Ai,wi,CI
gerakan air model,untuk menyesuaikan parameter fenomena gelombang. Metode kedua
berdasarkan model fisik,menggambarkan aliran air, animasi air dihasilkan dengan
rendering persamaan setiap langkah waktu. Pendekatan ketiga berdasarkan pada
sistem partikel,dimana saat interaksi cahaya dengan air dapat menghasilkan
kualitas gambar yang baik. Pada gelombang terdapat dua konsep yang jelas gelombang air dan cairan air. cairan air
yaitu tubuh air yg mengalir dan memiliki kecepatan saat mengalir. Gelombang air
yaitu mengambil cairan air sebagai pembawa, disaat terjadi tetesan air hujan
atau jatuhnya benda kedalam air maka efek air akan melebar sesuai ukuran benda
yang jatuh. gelombang memiliki kecepatan yang berbeda dari kecepatan yang
aliran air.