Software yang
bisa digunakan untuk pembuatan water modelling
salah satunya Blender. Blender merupakan software open source atau gratis,
software ini merupakan software paling populer si dunia, dengan blender kita
bisa membuat objek 3D animasi , model dan bentuk 3D profesional. Sedangkan
software berbayar salah satunya yaitu 3D max sebuah perangkat lunak grafik
vektor3D dan animasi. Kemampuan mengedit yang serba bisa dan arsitektur yang
banyak. Dalam hal ini kita gunakan software blender.
Modeling adalah seni dan ilmu menciptakan
permukaan yang meniru bentuk objek dunia nyata atau sesuai imajinasi Anda benda
abstrak . Objek datang dalam berbagai bentuk , bentuk dan ukuran , sehingga
Blender memiliki banyak alat yang tersedia untuk membantu Anda membuat model
Anda dengan cepat dan efisien :
Objects, Bekerja dengan objek secara keseluruhan
Meshes, Bekerja dengan mesh yang mendefinisikan bentuk obyek
Curves, Menggunakan Curves ke model dan kontrol benda
Surface, Pemodelan permukaan NURBS
Teks, Alat tekstual untuk menempatkan kata-kata dalam ruang
3D
Meta Objects, Gumpalan
dan globul
Duplication, duplikasi
Objek
Script modeling, Karena
fungsi Blender adalah extensible melalui Python , ada sejumlah naskah yang
sangat berguna yang membantu Anda dalam pemodelan .
Water modelling merupakan
ilmu menciptakan permukaan objek air. Mensimulasikan
cara air atau model air pada laut, saat air itu membentuk gelombang atau saat
air itu mengalir. Alat simulasi Blender mengambil
bentuk pengubah , untuk mensimulasikan dan menghasilkan permukaan deformasi
laut dan tekstur yang terkait ,
digunakan untuk membuat data simulasi . Porting
dari open source Houdini Samudera Toolkit , hal ini dimaksudkan untuk
mensimulasikan gelombang laut dalam dan busa .
Internal simulasi
Simulator itu sendiri menggunakan metode FFT untuk menghasilkan grid 2d informasi sim internal , sangat mirip dengan peta tekstur 2d . Simulator dapat menghasilkan tiga jenis data - perpindahan , normals , dan data tambahan yang digunakan untuk menghitung gelombang puncak persimpangan (yaitu busa ) . Setelah simulasi , peta ini digunakan untuk menggantikan geometri permukaan laut di 3d , dan juga dapat digunakan untuk shading melalui tekstur Samudera . The Ocean Modifier merupakan tempat utama di mana Blender simulasi dilakukan - modifikator menyimpan data simulasi, dan berlaku untuk menciptakan samudra permukaan. Pengubah laut juga dapat menambahkan channel warna vertex, dalam rangka untuk memvisualisasikan peta busa. sumber: http://wiki.blender.org/index.php/Doc:2.6/Manual/Modeling